Divisi plakat instan kami mulai 1 tahun yg lalu, april 2016. Berawal dr evaluasi akhir tahun 2015 muncul data bahwa produk plakat dalam setahun terakhir mengalami kenaikan jumlah yg signifikan. Idenya adalah mulai serius digarap dengan divisi baru & modal usaha sendiri.
Rencana awalnya adalah membeli bahan baku plakat dlm jumlah yg lbh banyak dr biasanya. Selama ini setiap kali belanja bahan baku plakat prinsipnya seperlunya ya satuan, puluhan sesuai pesenan saja. Kekuranganya adalah ketersediaan ketika pesenan rame jd gak tercover.juga dr sisi harga lbh mahal karema belanja dlm jumlah sedikit.
Tapi tdk sesuai rencana krema ternyata penjual bahan baku plakat tempat biasa belanja mensyaratkan kalau mau dpt harga yg lbh murah minimal order harus 1000 pcs dan hanya boleh sau jenis bahan plakat. Ini tdk memungkinkan memgingat modal usaha yg dimiliki baru cukup untuk belanja plakat dlm jumlah ratusan saja.
Awal maret sy dpt musibah, yaitu kecelakaan tabrakan speda motor. Sendi lutut kanan saya mngalami disposisi dan mengharuskan istirahat total sebulan kerena tdk bisa berjalan.down pasti secara psikis terlebih dgn tnggung jawab mengelola Loetju dgn kondisi seperti itu.alhamdulillah udin & teman2 disemarang masih bisa handle pesanan dll.
Dari musibah ini sy justru bersykur karena ada hikmah & berkah dibaliknya. Hikmahnya misalnya hrs istrahat, bisa kembali bercengkrama dgn ibu & keluarga. Dan saking baiknya sudara & tetangga di kampung hampir tiap hari ada saja yg nengok.bisa silaturahmi.
Berkahnya ini adalah cikal bakal hadirnya plakat kayu di loetju, cerita beula ketika salah satu saudara dr pakdhe dtgenjenguk dan ngobrol ttg aktivitas masing2.beliau yg tukang kayu tertarik mendengar remcana sy yg gagal belanja bahan baku plakat kayu dlm jumlah besar kerena keyerbatasan modal. Dan beliau mngajukan diri encoba menbuat produk sejenis dgn jumlah & harga yg lbh terjamgkau.
Deal, tepat dihari sy kembali ke semarang sy membawa 120 pcs plakat kayu butan kang sumardi, saudara sy tadi.yg menarik adalah dr sisi harga & jumlah terjangkau tapi dr sisi kualitas bahan lbh bagus dr yg ada dipasaran.dr sisi kwkuatan serta finishing.tp ini PR karena ini produk baru bagi customer.sy berfikir akan butuh waktu mengenalkan pd customer.
Alhamdulillah di bulan juni sudah habis dan pesenan ke beliau bertambahn bnyak 170, 200 hingga 350.dlm kurun waktu 1 tahun sudah lebih dr 1000 pcs plakat yg kami produksi & pasarkan.
Bicara idealisme ada 3 hal yg memdasar proyek ini, dlm iatitalh keren sy memyebutnya sbg enviropreneur, creativepreneur & sosioprenur. Kaitanya dgn lingkungan krn bahan baku yg kami pakke adlh perca kayu dr usaha mebel selama ini hnya beralhir di tungku untuk kayu bakar kalaupun ada nilainekonomisnya kecil.dgn menjadikanya plakat perca kayu ini lbh branfaat & bukan lg limbah. Dr sisi kreatifitas produk yg awalnya nilai ekonomisnnya rendah jd berharga dgnengabungkan antara peluang, seni kreatofitas dan pemasaran. Yg terlahir ttg isu sosial dgn adanya produksi plakat kayu ini kami akan memberi tambahan pekerjaan bagi oara pengrajin loetju jd jembatan antara pengrajin yg punya akses bahan baku, skill dan loetju dtg dgn peluang, ide, kreatifitas serta solusi pemasaran produk yg dihasilkan.
Harapan kami ke depan semoga produk kami semakin bisa diterima oleh pasar sehingga secara alami akan meningkatkan jumlah pesenan & kapasitas produksi yg artinya akan menambah penghasilan bagi para pengrajin, dengan demikian diharapkan akan ada kapanga pekejaan baru yg mwnyerap tenaha kerja walau mungkin satu dua orang.serta akan semakin banyak menyelamatkan perca kayu.